PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TERHADAP PENGANTAR NOTA KEUANGAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2016

  PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TERHADAP PENGANTAR NOTA KEUANGAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELA...




 PEMANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA
TERHADAP
PENGANTAR NOTA KEUANGAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2016


Bismillaahirrahmaanirraahiim
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada yang Kami Hormati :
     Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar,
     Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Karanganyar,   Ketua Pengadilan Negeri, dan Ketua Pengadilan Agama Karanganyar,
     Pimpinan dan anggota DPRD Karanganyar,
     Sekretaris Daerah, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, para kepala SKPD Karanganyar,
     Para pimpinan instansi vertikal, BUMD, dan hadirin yang berbahagia


Sidang Paripurna Dewan yang Kami Hormati,
Mengawali penyampaian pemandangan umum Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, karena atas segala nikmat dan karuniaNya, pada kesempatan ini kita dapat menunaikan tugas di ruang Rapat Paripurna DPRD ini dalam kondisi sehat wal ’afiat tidak ada halangan apapun. Aamiin.
Pada kesempatan ini Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS) mengucapkan selamat Hari Ulang Tahun yang ke-98 Kabupaten Karanganyar, semoga jargon “Karanganyar Maju dan Sehat”, bisa benar-benar direalisasikan dalam kurun waktu setahun yang akan datang. Usia yang semakin tua semoga semakin bisa mencapai kematangan dan terwujudnya cita-cita.

Sidang Paripurna Dewan yang kami hormati,
Fraksi PKS menyampaikan terima kasih kepada Saudara Bupati yang telah menyampaikan Pengantar Nota Keuangan Rancangan Anggaran dan Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2016. Kami mengapresiasi kerja keras yang telah dilakukan oleh Bupati dan seluruh jajaran ekskutif untuk secara bertahap mulai menuntaskan visi dan misi untuk lebih mensejahterakan masyarakatbkabupaten Karanganyar sebagaimana yang tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kabupaten Karanganyar Tahun 2014 – 2018.
Oleh karena itu kami MENYETUJUI apabila RAPBD Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2016 ini segera dibahas oleh Badan Anggaran bersama TAPD, sesuai dengan agenda rapat-rapat dewan yang sudah ditentukan oleh Badan Musyawarah DPRD Kabupaten Karanganyar.
Fraksi PKS juga sangat menekankan agar pembahasan anggaran bisa tepat waktu, dan mematuhi ketentuan dari pemerintah pusat bahwa kesepakatan bersama antara Bupati dan DPRD Kabupaten Karanganyar tidak melebihi batas waktu tanggal 30 November 2015. Karena jika terjadi keterlambatan akan ada implikasi administratif kepada penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Karanganyar.
Namun sebelum  kami akhiri pemandangan umum ini, ijinkanlah kami menyampaikan hal - hal sebagai berikut :
1.         Dalam Permendagri No. 52 tahun 2015, menyebutkan bahwa salah satu prinsip Penyusunan APBD tahun Anggaran 2016 didasarkan pada prinsip tepat waktu, sesuai dengan tahapan dan jadwal yang telah ditetapkan dalam  peraturan perundang undangan. Tentu saja pengajuan KUA PPAS dan RAPBD tahun 2016 ini tidak lagi memenuhi azas tersebut. Oleh karena itu, dengan prinsip tersebut kami minta agar kelak pengajuan KUA PPAS dan RAPBD Perubahan Tahun Anggaran 2016 dan RAPBD tahun-tahun anggaran berikutnya, benar-benar disampaikan ke DPRD sesuai dengan azas tepat waktu, sehingga dalam setiap pembahasan KUA PPAS dan RAPBD tidak lagi selalu terjadi polemik antara permintaaan pembahasan secara detail item per item, yang selalu berbenturan  dengan keterbatasan waktu yang tersedia. Apakah hal ini bisa direalisasikan? Mohon penjelasannya!

2.         Pemerintah Kabupaten Karanganyar menetapkan Prioritas kebijakan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Karanganyar Tahun 2016 dengan tema "PENGUATAN INFRASTRUKTUR EKONOMI KERAKYATAN DAN PELAYANAN DASAR". Tentu hal ini sangat kami apresiasi positif sebagai tindak lanjut dari prioritas-prioritas pembangunan  tahun-tahun sebelumnya. Ada 13 terjemahan arah kebijakan umum APBD Tahun Anggaran  2016. Tetapi melihat postur anggaran yang ditampilkan dalam pengantar nota keuangan RAPBD Tahun 2016, mampukah pemerintah daerah mencapai seluruh arah kebijakan tersebut dengan kuantitas yang memadai dan dengan kualitas prima? Mohon penjelasannya!

3.         Fraksi PKS memberi apresiasi positif terhadap kerjasama antara penyelenggara pemerintahan daerah Kabupaten Karanganyar dengan seluruh pihak di Kabupaten Karanganyar terhadap peningkatan  pembangunan infrastruktur yang cukup signifikan dan penerapan wajib belajar 12 tahun dengan skema pendidikan gratis pada 2 tahun terakhir.
Namun demikian, hendaknya volume peningkatan pembangunan tersebut, segera diikuti dengan kualitas pembangunan yang memuaskan. Sebab masih saja kami lihat hasil pembangunan infrastruktur 2 tahun terakhir masih menyisakan kualitas pekerjaan yang kurang baik atau pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu. Kami juga mengapresiasi skema pendidikan gratis yang cukup membantu masyarakat, namun harus segera diperbaiki seluruh kekurangan-kekurangannya, agar pendidikan dasar dan menengah di Kabupaten Karanganyar tetap memiliki daya saing yang tinggi.  Sanggupkah pemerintah daerah melakukan hal ini pada tahun-tahun yang akan datang? Mohon penjelasannya!

4.         Di antara terjemahan arah kebijakan umum APBD tahun anggaran 2016 adalah :
a.        pembiayaan pelayanan kesehatan gratis,
b.       pengembangan produk unggulan dengan kualitas, harga, dan kemasan yang berdaya saing,
c.        membangun sistem distribusi dan pemasaran komoditas unggulan dari tiap daerah,
d.       pemberdayaan koperasi di tingkat desa.
Jika hal ini terwujud, maka akan terjadi peningkatan yang signifikan pada kesejahteraan hidup masyarakat Kabupaten Karanganyar. Harapan hidup semakin tinggi dan kualitas hidup semakin meningkat.
Bagaimana skema langkah kongkrit pemerintah daerah untuk mencapai arah kebijakan tersebut dengan rencana postur belanja langsung hanya 348.130.636.000.00 (20,80%)? Mohon penjelasannya!

5.  Tahun anggaran 2016 adalah tahun ke tiga perjalanan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) periode tahun 2013-2018, sudah selayaknya pemerintah daerah lebih memfokuskan prioritas anggaran pada pengentasan pengangguran dan pengentasan kemiskinan di kabupaten Karanganyar. Karena dalam terjemahan arah kebijakan umum APBD TA 2016 belum disebutkan secara jelas tentang hal itu, meski sudah tersirat di tujuan arah kebijakan yang lain, maka kami sampaikan beberapa pertanyaan :
a.       Sudahkah pemerintah daerah memiliki data kongkrit terpadu antar SKPD terkait, tentang jumlah riil pengangguran dan kemiskinan di Kabupaten Karanganyar?
b.      Berapa jumlah riil pengangguran dan kemiskinan yang ada di Kabupaten Karanganyar pada tahun 2015?
c.       Berapa target jumlah riil pengentasan pengangguran dan kemiskinan yang direncanakan pada tahun anggaran 2016?
d.      Bagaimana skema pengentasannya secara bertahap yang akan dilakukan oleh pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar?
Mohon Penjelasannya!

6.         Secara garis besar RAPBD Kabupaten Karanganyar TA 2016 belum mencerminkan postur anggaran yang ideal, karena belum dimasukkannya DAU, DAK, Belanja Hibah dan Bantuan keuangan Propinsi pada tahun anggaran 2016. Bagaimana perkiraan dan skema proporsi anggaran jika item-item di atas sudah dimasukkan? Dan bagaimana skema prosentase rencana pengelolaannya agar bisa mencapai seluruh arah kebijakan? Mohon penjelasan!

7.   Anggaran Pendapatan Daerah Kabupaten Karanganyar TA 2016 direncanakan sejumlah Rp. 1.575.618.615.000,00 turun 171.975.567.000,00 (9,84%) dibandingkan anggaran tahun lalu setelah perubahan yaitu sebesar 1.747.594.182. 000,00.
Faktor apa saja yang menyebabkan hal ini terjadi, mohon penjelasannya?
Mengapa pengambilan data pembanding dari APBD Perubahan TA 2015?

8.   Dalam pos lain-lain Pendapatan Daerah yang sah, yang berasal dari Pendapatan Hibah dan Bantuan Keuangan dari Provinsi tercantum sejumlah Rp. 0,00 (nol rupiah) tetapi dalam kebijakan belanja daerah terdapat pos belanja hibah Rp 34,1 M dan Belanja Bantuan Keuangan Rp 154,1 M. Mengapa ada perbedaan antara pos pendapatan dan pos belanja daerah? Mohon penjelasannya!

9.        Dana perimbangan dalam pengantar nota keuangan RAPBD TA 2016 yang disampaikan oleh Saudara Bupati dijelaskan mengalami kenaikan, yaitu 927.557.040.000,00 naik sejumlah 107.662.874.000,00 atau naik 10,40%, padahal dalam tabel perbandingan KUA PPAS mengalami penurunan 5,68%. Mengapa hal ini bisa terjadi? Mohon penjelasannya!

10.   Menurut hemat kami, dalam kurun waktu 3 tahun mendatang Pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar memiliki peluang yang luas untuk peningkatan PAD Kabupaten Karanganyar melalui intensifikasi dan ekstensifikasi, sehingga PAD Karanganyar bisa digenjot mendekati potensi riil.
Oleh karena itu kami meminta agar pada tahun 2016 ini pemerintah daerah memiliki fokus untuk menggali sumber-sumber PAD yang baru yang tidak membebani masyarakat dan menyehatkan pengelolaan sebagian sumber-sumber PAD agar lebih maksimal. Kami harapkan pada tahun anggaran 2016 ini ada pos anggaran untuk studi khusus yang menggandeng pihak ke 3 profesional untuk optimalisasi PAD Kabupaten Karanganyar. Bisakah hal ini direalisasikan?

11.   Seiring dengan datangnya musim penghujan tahun ini, apa langkah-langkah yang dilakukan oleh pemerintah daerah dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam terutama banjir dan tanah longsor agar dapat meminimalisir jatuhnya korban, baik korban jiwa maupun harta benda?
Mengingat Kabupaten Karanganyar termasuk kategori daerah rawan bencana. Mohon penjelasannya!

12.   Dalam beberapa kali kesempatan, Fraksi PKS menerima keluhan tentang rendahnya honorarium yang diterima oleh guru wiyaya bakti atau guru non PNS (guru wiyata bakti sebelum tahun 2006) yang jauh di bawah UMK Karanganyar. Bagaimana upaya pemkab dalam meningkatkan kesejahteraan para guru non PNS tersebut? Mohon penjelasannya!

13.   Terakhir, Fraksi PKS mohon penjelasan sehubungan dengan progres pembangunan daerah tahun 2015, terutama serapan anggaran perubahan tahun anggaran 2015 yang menyisakan waktu tinggal 1 bulan lagi. Mohon penjelasannya!

Sidang Paripurna Dewan yang Kami Hormati,
Demikianlah pemandangan umum Fraksi PKS terhadap Pengantar Nota Keuangan Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun  Anggaran 2016.
Terima kasih atas perhatiannya dan jika ada beberapa hal yang kurang berkenan, kami mohon maaf sebesar-besarnya.
Semoga Allah swt memberikan kemudahan dan pertolongan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab kita untuk mewujudkan Karanganyar yang sejahtera sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.
Wallahu muwaffiq ila aqwamith thariq,
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Wassalaamu’alaikum Wr. Wb.

                                                                                              
Karanganyar, 20 November  2015
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera
      Ketua                                                                        Sekretaris



Sri Hartono, S.Pd.                                                       Darwanto, S.E.

COMMENTS

Name

Artikel,8,Berita,71,Fraksi,10,Kegiatan,44,Parlemen,14,Pilkada,7,
ltr
item
PKS Karanganyar: PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TERHADAP PENGANTAR NOTA KEUANGAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2016
PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TERHADAP PENGANTAR NOTA KEUANGAN RANCANGAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2016
https://2.bp.blogspot.com/-N8okZ5mw-R0/Vk6dmKhHAAI/AAAAAAAAAMI/lPvjQJXn-bM/s640/CUOY7rzU8AAxrGu.jpg%2Blarge.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-N8okZ5mw-R0/Vk6dmKhHAAI/AAAAAAAAAMI/lPvjQJXn-bM/s72-c/CUOY7rzU8AAxrGu.jpg%2Blarge.jpg
PKS Karanganyar
http://karanganyar.pks.id/2015/11/pemandangan-umum-fraksi-partai-keadilan.html
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/2015/11/pemandangan-umum-fraksi-partai-keadilan.html
true
2810973364489944916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy