PKS Gelar Wayang dengan Lakon 'Semar Mbangun Kahyangan'

Jakarta - Bidang Seni dan Budaya Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) menggelar pertunjukan wayang kulit di halaman...


Jakarta - Bidang Seni dan Budaya Dewan Pengurus Pusat Partai Keadilan Sejahtera (DPP PKS) menggelar pertunjukan wayang kulit di halaman depan gedung DPP PKS, Jln TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1/2017) malam.
Ketua Bidang Seni dan Budaya DPP PKS Muhammad Ridwan mengatakan, lakon yang akan ditampilkan dalam pagelaran kali ini adalah 'Semar Mbangun Kahyangan'. Lakon ini akan dibawakan oleh dalang asal Solo Ki Sri Kuncoro.
Menurut Ridwan, wayang adalah sebuah sarana dakwah Walisongo terdahulu. PKS, lanjutnya, sebagai partai dakwah ingin mencontoh Walisongo dengan menggunakan wayang sebagai media dakwah kepada masyarakat. 
"Kita ingin meniru cara dakwah Walisongo yang tidak menimbulkan gejolak di masyarakat lewat wayang," papar Ridwan di DPP PKS, Jl TB Simatupang, Jakarta Selatan, Sabtu (28/1) malam.
Dia menambahkan, wayang juga bisa memberikan edukasi yang cukup efektif kepada masyarakat. Pendekatan simbol pada wayang diakui Ridwan bisa diterima masyarakat dibanding penyampaian yang lebih bersifat hitam putih. "Wayang bisa menjadi sarana dakwah yang pas di Indonesia," tutur dia.
Pagelaran wayang di halaman DPP PKS adalah ajang pagelaran wayang pertama kali yang digelar di kantor DPP PKS. Bidang Seni dan Budaya sendiri bukan sekali ini mengadakan pagelaran wayang. Sebelumnya di Yogyakarta, PKS menggelar sarasehan wayang dan pertunjukan Wayang Dakwah Tiga Jam-an dengan dalang Ki Tarmidzi dari Kroya. 
"Banyak kader kita yang punya ketertarikan terhadap wayang. Kita berikan panggung kepada mereka untuk menjadikan ini sarana kebaikan dan pendidikan," ungkapnya.
Dalang Ki Sri Kuncoro mengapresiasi pegelaran wayang yang digelar PKS. Anggota polisi dari Markas Brimob Kelapa Dua ini mengatakan, PKS selama ini dikenal dan identik dengan gambaran agamis saja. "Namun, ternyata juga sangat peduli dengan budaya," paparnya sebelum pementasan.
PKS, ujar Ki Sri, juga menyadari jika wayang merupakan prasarana dalam menyebarkan agama Islam. "Wayang sebagai sarana ya bukan bagian agama itu sendiri," imbuhnya.
Dalam pagelaran wayang di DPP PKS, hadir Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Hidayat Nur Wahid, Presiden PKS Mohamad Sohibul Iman, Calon Gubernur DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan dan mantan menteri perumahan Yusuf Asy'ari.

Sumber : republika.co.id

COMMENTS

Name

Artikel,17,Berita,111,Fraksi,18,Kegiatan,74,Parlemen,20,Pilkada,16,
ltr
item
DPD PKS Karanganyar: PKS Gelar Wayang dengan Lakon 'Semar Mbangun Kahyangan'
PKS Gelar Wayang dengan Lakon 'Semar Mbangun Kahyangan'
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE4m204eE0Rw-oVn5ut8i5zNBfVC4jf53hbs9nBnoJD8RIhVekAcXUm34HmNjz9MSxKKVuNHZtg70Fp2UqFb-hbc4bwPYNh9_T4Cy2hkIL6mG9SNvrZrG0ykLgld2Sp3SkzG96nJRECRA/s640/wakil-ketua-majelis-syuro-pks-hidayat-nur-wahid-dalam-_170128233741-537.png
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiE4m204eE0Rw-oVn5ut8i5zNBfVC4jf53hbs9nBnoJD8RIhVekAcXUm34HmNjz9MSxKKVuNHZtg70Fp2UqFb-hbc4bwPYNh9_T4Cy2hkIL6mG9SNvrZrG0ykLgld2Sp3SkzG96nJRECRA/s72-c/wakil-ketua-majelis-syuro-pks-hidayat-nur-wahid-dalam-_170128233741-537.png
DPD PKS Karanganyar
https://karanganyar.pks.id/2017/01/pks-gelar-wayang-dengan-lakon-semar.html
https://karanganyar.pks.id/
https://karanganyar.pks.id/
https://karanganyar.pks.id/2017/01/pks-gelar-wayang-dengan-lakon-semar.html
true
2810973364489944916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy