PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TERHADAP RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2014

PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA   TERHADAP RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGAR...

PEMANDANGAN UMUM
FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA 
TERHADAP RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2014

Bismillaahirrahmaanirraahiim
Assalaamu’alaikum Wr. Wb.

Kepada Ykh :
•      Bupati dan Wakil Bupati Karanganyar,
•    Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Ketua Pengadilan Negeri, dan Ketua Pengadilan Agama Karanganyar,
•      Pimpinan dan anggota DPRD Karanganyar,
•    Sekretaris Daerah, para Staf Ahli Bupati, para Asisten Sekretaris Daerah, Sekretaris DPRD, para kepala SKPD Karanganyar,
•      Para pimpinan instansi vertikal, BUMD, dan hadirin yang berbahagia
  
Terlebih dahulu marilah kita panjatkan puji dan syukur ke hadirat Allah SWT, karena atas seluruh limpahan karunia-Nya, kita dapat menunaikan tugas di ruang sidang paripurna DPRD Kabupaten Karanganyar ini dalam kondisi sehat wal afiat tidak ada halangan suatu apa.
Tak lupa, juga kami sampaikan rasa syukur dan suka cita atas  diterbitkannya majalah Aspiratif oleh lembaga DPRD Kabupaten Karanganyar. Semoga pada terbitan edisi-edisi berikutnya senantiasa bisa berjalan lancar,  sebagai salah satu sarana penyambung komunikasi antara lembaga DPRD, para anggota Dewan dengan seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Karanganyar.

Rapat Paripurna Dewan yang Kami Hormati,
Pada kesempatan ini pula, kepada seluruh umat Islam di Kabupaten Karanganyar, kami sampaikan selamat  memasuki bulan suci Ramadhan Tahun 1436 H yang akan datang sepekan lagi. Bulan mulia yang penuh berkah dan ampunan.  Rasulullah Muhammad SAW bersabda :
أَتَاكُمْ شَهْرُ رَمَضَانَ  شَهْرُ خَيْرٍ وَبَرَكَةٍ
"Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan kebaikan dan keberkahan.” (HR Ibnu Najjar)
Mari kita saling memaafkan atas seluruh kesalahan dan kekhilafan, sehingga kita umat Islam benar-benar siap memasuki kehadiran bulan mulia ini dengan kesiapan jasadiyah, fikriyah, ruhiyah dan maaliyah. Sekali lagi kami sampaikan selamat melaksanakan ibadah puasa Ramadhan bagi seluruh kaum muslimin,  semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin.

Rapat Paripurna Dewan yang kami hormati,
Fraksi PKS mengucapkan terima kasih kepada Bupati dan seluruh jajaran Eksekutif Kabupaten Karanganyar yang telah menyampaikan Rancangan Peraturan Daerah tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2014. Tentu kami, Fraksi PKS MENYETUJUI apabila Raperda ini segera di bahas melalui mekanisme rapat-rapat berikutnya di DPRD. Sehingga hasilnya bisa menjadi sarana evaluasi diri bagi penyelenggaraan pemerintahan Kabupaten Karanganyar, untuk menjadi motivasi peningkatan kualitas kinerja dan hasil kerja pada tahun- tahun yang akan datang.

Rapat Paripurna Dewan yang Kami Hormati,
Sebelum kami akhiri Pemandangan Umum ini ijinkanlah kami menyampaikan beberapa hal :
1.   Terkait dengan laporan hasil pemeriksaan BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2014, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada Pemerintah Kabupaten Karanganyar yang telah meraih Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) Tahun 2014 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK). Semoga hal ini bisa dipertahankan pada tahun-tahun berikutnya, tentu dengan tetap memperbaiki hal-hal yang belum maksimal dan semakin membangun optimisme Pemerintah Daerah untuk menyelesaikan setiap permasalahan masyarakat Kabupaten Karanganyar hingga mendapatkan solusi yang tepat dan tuntas.

2.     Dalam pengantar Raperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2014, kami jumpai beberapa pos belanja terjadi perbedaan yang cukup signifikan antara yang dianggarkan dengan realisasi anggaran, sebagai contoh Belanja Tanah, dianggarkan sejumlah Rp 447.443.200,00 (empat ratus empat puluh tujuh juta empat ratus empat puluh tiga ribu dua ratus rupiah), sedangkan realisasinya sejumlah Rp 84.607.905,00 (delapan puluh empat juta enam ratus tujuh ribu sembilan ratus lima puluh rupiah) atau hanya terserap sebesar 18,91%. Mohon penjelasan!

3.   Pelaksanaan Tahun Berjalan Tahun Anggaran 2015 telah memasuki bulan Juni (pertengahan tahun) tetapi menurut pencermatan kami, masih banyak proses penganggaran yang belum bisa dilaksanakan dan belum diselesaikan tahapan prosesnya. Oleh karena itu, kami mohon penjelasan, sampai sejauh manakah serapan APBD Kabupaten Karanganyar Tahun Anggaran 2015? Apa saja kendala Pemerintah Daerah untuk merealisasikan anggaran agar tepat waktu?

4.     Sebentar lagi kita memasuki bulan suci Ramadhan dan Idul Fitri pada tahun 1436 H. Setiap memasuki bulan Ramadhan dan Idul Fitri atau jelang Natal dan Tahun Baru, selalu ada persoalan-persoalan  yang dihadapi masyarakat, misalnya :
a.     Beberapa ruas jalan di Kabupaten Karanganyar masih belum layak digunakan secara aman dan nyaman,
b.     Sembilan kebutuhan pokok seringkali mengalami kenaikan harga yang cukup signifikan, sementara daya beli masyarakat semakin rendah, dan lain-lain.
        Apa alternatif solusi Pemerintah Daerah untuk mengantisipasi hal-hal tersebut?

5. Menurut hemat kami, akhir-akhir ini ada  kecenderungan meningkatnya tindak kriminal yang terjadi di masyarakat. Berbagai bentuk kejahatan dalam skala kecil maupun besar sering mengganggu ketertiban umum.
        Bagaimana langkah Pemerintah Daerah Kabupaten Karanganyar bersama institusi terkait dalam mengatasi hal ini? Dan bagaimana upaya pemerintah agar masyarakat senantiasa berperan serta untuk menciptakan lingkungan yang aman?

6.     Terkait dengan bencana tanah longsor di Jenawi dan di tempat-tempat yang lain beberapa waktu yang lalu, terutama penanganan para pengungsi yang membutuhkan relokasi, sampai sejauh mana upaya pemerintah daerah mecari solusi tentang hal ini? Dan kapan penanganan pasca bencana ini dipastikan tuntas? Mohon penjelasannya!

7.     Kami juga mohon penjelasan tentang pembangunan edupark di Kabupaten Karanganyar. Mengapa pembangunan wahana wisata yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat Kabupaten Karanganyar ini tidak selesai tepat waktu? Apa saja kendala-kendala yang dihadapi?

8.     Terkait dengan pengelolaan RSUD Kabupaten Karanganyar, masih saja kami jumpai keluhan-keluhan dari para pasien yang lambat penanganannya terutama pasien-pasien BPJS, baik yang PBI maupun non PBI. Padahal, kecepatan penanganan akan berpengaruh signifikan pada kesembuhan pasien, terutama pasien yang mengalami kegawat daruratan. Misalnya, hanya ada 1 dokter di UGD, padahal banyak pasien yang datang dengan kondisi berat, adanya pasien yang memerlukan penanganan dan pengobatan segera, tetapi antri di apotik cukup banyak dan harus mengikuti nomor antrian yang ada, pelayanan yang kurang ramah dari paramedis juga masih sering menjadi keluhan, dan lain-lain. Apa upaya terbaru dari pemerintah daerah dan dari RSUD Kabupaten Karanganyar untuk mengatasi hal ini?

9.     Terkait misi Bupati Karanganyar untuk mewujudkan 10.000 wirausahawan baru, SKPD apa saja yang diberi tugas untuk mengawal misi tersebut dan bagaimana pembagian target secara kuantitas maupun kualitas untuk masing-masing SKPD, kemudian bagaimana pola koordinasinya. Mohon penjelasannya !

10.   Selain Grojogan Sewu, Kabupaten Karanganyar memiliki potensi wisata yang cukup besar untuk dikembangkan. Tetapi sampai saat ini kami menilai pengelolaan pariwisata di Kabupaten  Karanganyar belum maksimal. Hal itu bisa dilihat dari sumbangan pendapatan dari sektor pariwisata belum tembus sampai 1 milyar rupiah. Bagaimana grand desain pariwisata di Kabupaten Karanganyar selain grojogan sewu agar pendapatan di sektor ini bisa meningkat secara signifikan? Mohon penjelasannya!

11.   Akhir-akhir ini kita mengetahui beberapa produk unggulan UKM di Kabupaten Karanganyar sudah bisa menembus pasar domestik maupun luar negeri seperti beras merah, batik girilayu, kerajinan akik dan padepokan keris. Tetapi menurut pengamatan kami, masih banyak warga masyarakat Kabupaten Karanganyar sendiri yang belum mengetahuinya. Apa langkah pemerintah untuk memperkuat dan mengembangkan eksistensi UMKM di Kabupaten Karanganyar? Bagaimana juga perkembangan rencana revitalisasi STA Karangpandan sebagai terminal transit destinasi pariwisata seperti yang sering disampaikan Bupati sekaligus kemungkinan difungsikan sebagai pasar produk UMKM Kabupaten Karanganyar? Mohon penjelasannya!

Rapat Paripurna Dewan yang Kami Hormati,
Demikianlah sekilas tentang pemandangan umum yang kami sampaikan, mohon maaf jika banyak kekurangan dan ada kata-kata yang kurang berkenan.
Yu Juminten kecedhuk jendelo
Nyuwun pangapunten sedoyo lepat kawulo
Wassalamu'alaikum wr wb

                                                                                              
Karanganyar, 11 Juni 2015
Fraksi Partai Keadilan Sejahtera

      Ketua                                                                     Sekretaris




Sri Hartono, S.Pd                                                               Darwanto, SE.

COMMENTS

Name

Artikel,9,Berita,74,Fraksi,10,Kegiatan,46,Parlemen,14,Pilkada,8,
ltr
item
PKS Karanganyar: PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TERHADAP RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2014
PEMANDANGAN UMUM FRAKSI PARTAI KEADILAN SEJAHTERA TERHADAP RANCANGAN PERATURAN DAERAH TENTANG PERTANGGUNGJAWABAN PELAKSANAAN ANGGARAN PENDAPATAN DAN BELANJA DAERAH KABUPATEN KARANGANYAR TAHUN ANGGARAN 2014
https://2.bp.blogspot.com/-QwJpgyL-MI8/VXkAsfmuLmI/AAAAAAAAAEY/BMUdMCl2qY8/s640/KOP.jpg
https://2.bp.blogspot.com/-QwJpgyL-MI8/VXkAsfmuLmI/AAAAAAAAAEY/BMUdMCl2qY8/s72-c/KOP.jpg
PKS Karanganyar
http://karanganyar.pks.id/2015/06/pemandangan-umum-fraksi-partai-keadilan.html
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/2015/06/pemandangan-umum-fraksi-partai-keadilan.html
true
2810973364489944916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy