Pengawasan Terhadap BUMD Dinilai Lemah

Karanganyar, (Jateng Ekspress) – Komisi B DPRD Karanganyar, menilai pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas terhadap Badan Usaha Mil...



Karanganyar, (Jateng Ekspress) – Komisi B DPRD Karanganyar, menilai pengawasan yang dilakukan Badan Pengawas terhadap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar, sangat lemah. Akibatnya, BUMD tersebut, tidak memberikan kontribusi yang signifikan terhadap pendapatan asli daerah (PAD).
Wakil Ketua Komisi B Darwanto, megatakan, lemahnya pengawasan ini terjadi dalam kurun waktu tiga hari terakhir. Untuk itu, pihaknya meminta kepada para dewan pengawas yang baru, dapat meningkatkan kinerjanya.
Menurut Darwanto, ada dua persoalan yang dihadapi BUMD, yakni permasalahan internal dan eksternal. Permasalah eksternal umumnya berkaitan masalah pengawasan dan pelaporan keuangan. Menurut dia, pengawasan terhadap kinerja BUMD umumnya lemah. Begitu pun dalam pelaporan keuangan yang sering kali mekanismenya kurang akuntabel.
Sementara itu, untuk masalah internal, umumnya karena kelemahan dalam manajemen. Mulai dari kurang baiknya perekrutan SDM, pengelolaan aset yang lemah, sampai kepada target usaha yang tidak jelas.
Tetapi dalam melihat BUMD ini jangan disamaratakan. Karena cara bisnis dan karakter BUMD berbeda-beda. Kami hanya minta, agar para dewan pengawas yang baru, harus bekerja lebih baik. Kinerja para pengawas ini akan terlihat dalam setahun ke depan, apakah ada peningkatan yang signifikan terhadap PAD atau tidak, “katanya, Kamis (7/5).
Terpisah, Kepala Bagian Perekonomian Setda Karanganyar, Timotius Suryadi, mengatakan, upaya pengawasan untuk meningkatkan kinerja BUMD terus dilakukan. Diakuinya, selama ini kinerja pengawasan memang lemah, untuk itu meminta kepada jajaran pengawas yang baru untuk meningkatkan BUMD.
“Secara berkala kami terus melakukan koordinasi, baik dengan pengawas maupun dengan jajaran direksi. Semua harus bekerja keras sehingga apa yang menjadi target dapat tercapai,”tandasnya. (iwn/sus)

COMMENTS

Name

Artikel,9,Berita,74,Fraksi,10,Kegiatan,46,Parlemen,14,Pilkada,8,
ltr
item
PKS Karanganyar: Pengawasan Terhadap BUMD Dinilai Lemah
Pengawasan Terhadap BUMD Dinilai Lemah
http://1.bp.blogspot.com/-Pk5IUAEgAPw/VUyEqlG56XI/AAAAAAAAACY/QWATksB0xuk/s200/darwanto-e1421152637859.png
http://1.bp.blogspot.com/-Pk5IUAEgAPw/VUyEqlG56XI/AAAAAAAAACY/QWATksB0xuk/s72-c/darwanto-e1421152637859.png
PKS Karanganyar
http://karanganyar.pks.id/2015/05/pengawasan-terhadap-bumd-dinilai-lemah.html
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/2015/05/pengawasan-terhadap-bumd-dinilai-lemah.html
true
2810973364489944916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy