Hadi Santoso : Saya Menolak Rencana Eksplorasi Panas Bumi Gunung Lawu

Rencana eksplorasi panas bumi (Geothermal) yang akan dilakukan pemerintah di kawasan Gunung Lawu perlu ditinjau ulang.  Saya sendiri me...


Rencana eksplorasi panas bumi (Geothermal) yang akan dilakukan pemerintah di kawasan Gunung Lawu perlu ditinjau ulang. Saya sendiri menolak rencana eksplorasi panas, karena akan berdampak buruk dari program tersebut terutama masyarakat sekeliling lereng Gunung Lawu.
Kepada petani sayur dan buah yang memiliki potensi yang sangat besar dengan iklim yang mendukung, tentu ini menjadi ancaman, sementara disisi lain, program ini kontra produktif dengan program kementrian lingkungan hidup yang pada tahun 2012 sudah membeli lahan di Tlogodringo untuk program kebun botani.
Sehingga saya berharap bahwa kawasan Gunung Lawu harus tetap asri dan lestari, sehingga dia meminta Pemerintah Pusat diminta untuk menarik idenya kembali terkait dengan eksplorasi panas bumi di Gunung Lawu.
Pemerintah pusat seharusnya dengarkan masukan masyarakat atas penolakan terhadap proyek ini, jangan sampai penolakan ini dianggap angin lalu, karena penolakan ini menunjukkan lemahnya sistem sosialisasi dalam penentuan tapak proyek, pembangunan pabrik semen rembang yang berkepanjangan harus jadi contoh.
Tak banyak orang tahu di mana lokasi yang akan dieksplorasi untuk proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Gunung Lawu Karanganyar. Lokasi tersebut di wilayah barat daya dari Gunung Lawu meliputi beberapa desa di Tawangmangu dan Matesih. Dimana di kawasan tersebut ada pemandian air panas Cumpleng dan Sapta Tirta Pablengan.
Sehingga kemungkinan kawasan Pablengan dan Cumpleng, dipilih sebagai lokasi pengeboran. Pasalnya pengeboran mencari titik paling pendek atau efisien dari permukaan ke sumber panas bumi (magma). Selain wilayah barat daya Gunung Lawu, juga akan ada kegiatan di hutan Jobolarangan, Gondosuli, Tawangmangu.
Tlogodringo adalah sebuah dusun di Gondosuli, yang lokasinya paling berdekatan dengan hutan Jobolarangan. Mayoritas penduduk Tlogodringo bekerja sebagai petani sayur. Beberapa juga membuka usaha penginapan. Pasalnya wilayah hutan di atas dusun itu merupakan favorit pecinta alam untuk menggelar pendidikan dasar (diksar), camping, atau outbond.
Sedangkan pemandian air panas Sapta Tirta Pablengan adalah objek wisata yang berada di Dusung Kentangan dan Dusun Pablengan, Pablengan Matesih. Lokasi objek wisata ini berada di lereng bukit Mondoroko. Letak bukit tersebut di sebelah timur dari mata air panas Pablengan. Lantaran geografisnya yang berupa bukit, sedikit rumah warga di lokasi itu. Permukiman penduduk paling banyak berada di barat mata air.
Permukiman penduduk juga berada di selatan mata air Pablengan. Jarak antara mata air dengan permukiman penduduk cukup dekat, tak sampai 100 meter. Permukiman penduduk yang berada dekat dengan mata air masuk Dukuh Pablengan dan Dukuh Tiloso.

Hadi Santoso adalah anggota DPRD Jawa Tengah dari Fraksi PKS yang berasal dari Dapil IV Jawa Tengah ( Karanganyar, Sragen dan Wonogiri ). Saat ini duduk sebagai Wakil Ketua Komisi D DPRD Jawa Tengah. 
Sumber : hadisantoso.com

COMMENTS

Name

Artikel,17,Berita,111,Fraksi,18,Kegiatan,74,Parlemen,20,Pilkada,16,
ltr
item
DPD PKS Karanganyar: Hadi Santoso : Saya Menolak Rencana Eksplorasi Panas Bumi Gunung Lawu
Hadi Santoso : Saya Menolak Rencana Eksplorasi Panas Bumi Gunung Lawu
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyYaQsgfeK1DIcs-UKmx1x8xqE5Mvh4alDEOWD1trr5Vdh-muEOwV7ja4bc5dHcF9Q0iHER2PtjOCSsdSYS68_XhmXpIWrFhAHXqArF9KX34W0cWlY2635BWV7887shjduvu3ZPHR6R2o/s640/hadiS.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgyYaQsgfeK1DIcs-UKmx1x8xqE5Mvh4alDEOWD1trr5Vdh-muEOwV7ja4bc5dHcF9Q0iHER2PtjOCSsdSYS68_XhmXpIWrFhAHXqArF9KX34W0cWlY2635BWV7887shjduvu3ZPHR6R2o/s72-c/hadiS.jpg
DPD PKS Karanganyar
https://karanganyar.pks.id/2017/03/hadi-santoso-saya-menolak-rencana.html
https://karanganyar.pks.id/
https://karanganyar.pks.id/
https://karanganyar.pks.id/2017/03/hadi-santoso-saya-menolak-rencana.html
true
2810973364489944916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy