Meriahnya Festival Seni Budaya Islami PKS Karanganyar dalam Rangka Milad PKS ke - 18

Karanganyar - Siang itu ( 30/1) halaman Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar tampak berbeda. Halaman yang biasa berisi mobil dinas anggota...


Karanganyar - Siang itu ( 30/1) halaman Gedung DPRD Kabupaten Karanganyar tampak berbeda. Halaman yang biasa berisi mobil dinas anggota dewan itu, kini tertutup kajang yang rapi. Sayup – sayup terdengar alunan musik dari beberapa pengeras suara yang ditata rapi. Ada sebuah panggung yang indah dengan latar belakang berwarna, bertuliskan Festival Seni Budaya Islami.  Sebuah acara yang digelar DPD PKS Karanganyar dalam rangka Milad PKS ke - 18. 

Sosok berpakaian khas jawa, memakai baju dan celana hitam dan memakai penutup kepala, mirip dengan blangkon. Dengan bersemangat, beliau memulai acara pada siang itu. Sosok yang tak asing bagi kader Karanganyar itu adalah Lilik Prihyanto, Ketua Bidang Seni Budaya DPD PKS Karanganyar.

Akhirnya detik – detik yang ditunggu pun tiba. 10 peserta Festival Seni Budaya Islami dalam rangka Milad ke – 18 PKS pun bersiap menampilkan kebolehannya. Berwarna, kata ini mungkin yang tepat untuk menggambarkan para peserta. Ada kelompok ibu – ibu, bapak – bapak, remaja, pemuda bahkan anak – anak. Lengkap. 500 penonton menyemut berebut tempat menyaksikan kebolehan peserta dari berbagai wilayah di Karanganyar itu. 

Wakil Bupati Karanganyar, Rohadi Widodo, Ketua DPD PKS Karanganyar, Joko Tri Susilo dan anggota dewan dari Fraksi PKS Karanganyar terlihat hadir, menyatu dengan kader dan simpatisan.
“ Acara seperti ini bagus. Melestarikan budaya. Masa kecil dulu, saya biasa main benthik “ ujar Wakil Bupati Karanganyar, yang biasa dipanggil Mas Rohadi.

Irama lesung yang mengalun indah membuka acara siang itu. Sekelompok ibu – ibu dari DPC Colomadu begitu terampil memainkan alu, membentuk irama yang enak didengar. Berselang kemudian, sekelompok anak – anak berpakaian serba lurik naik ke atas panggung. Opera menjadi pilihan perwakilan DPC Tasikmadu ini. Ada yang unik dari penampilan tim opera ini. Anak –anak yang masih polo situ menyelipkan pesan yang menghentak nurani kita. “ Ayah Bunda, Jangan Sibuk Dengan Dunia Maya Saja “. Penampilan anak – anak ini patut diacungi jempol. Buktinya tepuk tangan meriah penonton diberikan kepada mereka.



Rebana menjadi penampilan selanjutnya. Adalah DPC Tawangmangu yang memilih rebana menjadi andalannya. Giliran selanjutnya adalah DPC Kebak Kramat. Puisi dan nasyid menjadi pilihan DPC ini. Puisi yang ditampilkan mampu menguras emosi penonton. Penampil begitu menjiwai puisi yang dibawakannya. Puisi yang bercerita perjuangan baginda Nabi tercinta.

Tak lama berselang, seni hadroh menghibur penonton. Nuansa pesantren begitu kental dalam iringan seni ini. DPC Jumapolo memilihnya untuk tampil dalam festival ini. Nasyid menjadi DPC Jaten. Penampilan tim nasyid DPC ini cukup menyita perhatian penonton . Berganti ke wilayah selatan, DPC Jumantono menampilkan tarian kreasi. Gerak gemulai penari membentuk gerakan yang berpadu, menyatu dan menghibur.



DPC Karangpandan mendapatkan giliran selanjutnya. Drama komedi menjadi pilihan kecamatan dimana Sekum DPD, Darwanto tinggal. Penampilan mereka sangat menghibur. Gayeng, kata ini mungkin yang tepat menggambarkan suasana ketika mereka beraksi. 2 DPC di wilayah selatan menjadi penampil selanjutnya. Adalah DPC Jatipuro dan DPC Matesih yang menyajikan nasyid secara bergantian. Histeria penonton menjalar ketika tim nasyid DPC Matesih menampilkan lagu mereka. Penampilan DPC Matesih menjadi penampilan penutup dalam acara ini.


Penampilan para peserta begitu memukau dewan juri. Ibarat buah pinang, sulit bagi dewan juri untuk memilih yang terbaik. Dengan proses yang panjang, dewan juri sepakat memilih 3 tim terbaik . Ketiga nominator itu adalah DPC Jumantono, Tasikmadu dan Colomadu. Ketiganya akan tampil dalam acara puncak peringatan Milad ke 18 PKS esok hari ( ahad ) di tempat yang sama. (SH)

COMMENTS

Name

Artikel,8,Berita,71,Fraksi,10,Kegiatan,44,Parlemen,14,Pilkada,7,
ltr
item
PKS Karanganyar: Meriahnya Festival Seni Budaya Islami PKS Karanganyar dalam Rangka Milad PKS ke - 18
Meriahnya Festival Seni Budaya Islami PKS Karanganyar dalam Rangka Milad PKS ke - 18
https://4.bp.blogspot.com/-110g5XESVwY/VyUvHi9Ze-I/AAAAAAAAAXQ/B-R-LW9qPuoKN7bYu25UsG7jOiGqbK04gCLcB/s640/13123410_1016365618457919_8487739842044902354_o.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-110g5XESVwY/VyUvHi9Ze-I/AAAAAAAAAXQ/B-R-LW9qPuoKN7bYu25UsG7jOiGqbK04gCLcB/s72-c/13123410_1016365618457919_8487739842044902354_o.jpg
PKS Karanganyar
http://karanganyar.pks.id/2016/05/meriahnya-festival-seni-islami-pks.html
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/
http://karanganyar.pks.id/2016/05/meriahnya-festival-seni-islami-pks.html
true
2810973364489944916
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy